Rabu, 17 Oktober 2012

ekstraksi senyawa aktif alkaloid dari tumbuhan kecubung




















Disinikan dijelaskan bahwa ekstraksi pada daun kecubung itu diekstrak dengan 10 ml  kloroform dan beberapa tetes NH4OH.
yang  menjadi masalahnya  pada daun kecubung itu mengapa harus ditetesi NH4OH, mengapa tidak langsung di larutkan / diekstraksi dengan kloroform ?
dan apa pengaruh NH4OH tersebut pada ekstraksi daun kecubung ?
tolong bantu yaaaahhhh...
terima kasih....
:)



 

4 komentar:

  1. menurut pendapat saya mungkin penambahan NH4OH pada daun kecubung, agar daun kecubung tersebut mudah diekstraksi dengan klorofom sehingga analisis kandungan kimia pada daun kecubung tersebut bisa diketahui.

    BalasHapus
  2. menurut pendapat saya mungkin penambahan NH4OH pada daun kecubung pada percobaan ektraksi memang sudah begitu prosedur kerjanya dan apabila tidak dilakukan dengan tetesan NH4OH maka analisis kandungan senyawa yang ada didalam daun kecubung tersebut tidak terdeteksi dengan benar, dan dengan adanya tetesan NH4OH ini pada proses ektraksi daun kecubung tersebut dapat dengan mudah diekstraksi dengan kloroform sehinggga akan lebih mudah lagi untuk menganalisis kandungan senyawa –senyawa yang ada didalam daun kecubung.

    BalasHapus
  3. menurut saya,PROSES Ekstraksi pada kecubung memang cara kerjanya memerlukan natrium hidroksida yang dibasakan pada ph 8-9.Adanya NH40H ini dapat mempercepat proses ekstraksinya.


    http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/28521/G02mul.pdf?...1

    BalasHapus
  4. pasti memabukkan.
    batu kecubung juga ternyata banyak jenisnya dan khasiat batu kecubung juga dianggap bermanfaat, terutama batu kecubung asihan yang banyak dicari orang untuk pengasihan, karena itulah banyak orang yang sengaja mengoleksi jenis jenis batu kecubung, walaupun harga batu kecubung memang masih terjangkau.
    ada juga yang mengoleksinya sebagai batu permata kecubung untuk cincin akik, karena itulah penambang jenis batu akik kecubung juga mulai banyak yang menjual dengan harga yang murah. namun untuk harga batu kecubung asli tetaplah mahal dibandingkan dengan harga batu akik kecubung. terima kasih atas infonya
    saya juga ingin berbagi info seputar batu kecubung DISINI>> batu kecubung asli

    BalasHapus