Rabu, 19 Desember 2012

ISOLASI ALKALOID PADA TUMBUHAN MINIRAN


*ANALISIS KLT
·         Silika gel sebanyak 30 gram dibuburkan dengan aquades, lalu diaduk sampai merata, selanjutnya dituangkan ke dalam speader denganmembuat lapisan tipis pada plat kaca.
·         Dibiarkan selama beberapa menit lalu dikeringkan dalam oven pada suhu110 C dalam posisi horizontal selama 10 menit, kemudian diaktifkandengan mengubah posisinya menjadi vertikal selama 30 menit pada suhuyang sama, kemudian didinginkan dan siap digunakan.
·         Bejana kromatografi diisi dengan metanol : ammoniak (100 : 1,5) V/V.
·         Ekstrak kloroform yang diperoleh ditotolkan pada plat kaca dandimasukkan ke dalam bejana kromatografi hingga menghasilkan beberapa noktah.
·         Plat dikeluarkan dari bejana dan dikeringkan pada temperatur kamar (27C), harga Rf masing-masing noktah dicatat dengan membandingkan jarak noktah tersebut dengan jarak yang ditempuh eluen dari batas penotolan.

disinikan dijelaskan bahwa  Silika gel sebanyak 30 gram dibuburkan dengan aquades, lalu diaduk sampai merata, selanjutnya dituangkan ke dalam speader denganmembuat lapisan tipis pada plat kaca. Kemudian Dibiarkan selama beberapa menit lalu dikeringkan dalam oven pada suhu110 C dalam posisi horizontal selama 10 menit, kemudian diaktifkandengan mengubah posisinya menjadi vertikal selama 30 menit pada suhuyang sama, kemudian didinginkan dan siap digunakan.
Yang menjadi maslahnya adalah mengapa pada isolasi daun miniran pada analisis KLT ini silika gel yang dituangkan kedalam speader pada pada plat kaca ini posisinya yang pertama dibuat horizontal, sedangkan yang kedua vertikal  ? kenapa harus berubah posisi ?
apakah ada pengaruhnya ? dan apa kegunaannya ?

2 komentar:

  1. menurut saya hal ini diKarena pada proses KLT yang pertama itu noda yg ditotolkan harus tepat ditengah platnya maka posisinya harus horizontal selanjutnya baru diubah posisinya ke vertikal untuk mengukur bercak noda yang ada diplat tersebut.Pengaruhnya kalau divertikal nodanya mudah diukur sedangkan apabila dihorizontal sulit dan untuk kegunaannya pada posisi horizontal digunakan untuk meletakkan noda pada platnya sedangkan pada posisi vertikal digunakan untuk mengukur noda tersebut.

    BalasHapus
  2. saya setuju dengan saudari tiara
    pada pada plat kaca ini posisinya yang pertama dibuat horizontal bertujuan untuk meletakan noda, sedangkan yang kedua vertikal untuk mengukur noda

    BalasHapus