Kamis, 21 Juni 2012

POLIAMIDA

             Poliamida (Nylon) merupakan serat yang kuat. Nylon yang cukup mahal ialah supernilon yang dapat ditenun menjadi kain-kain yang indah, baik yang menyerupai tweed maupun yang menyerupai brokat emas atau sutera.
Sifat-sifat nylon adalah sebagai berikut:
*Kuat dan tahan gesekan

*Daya
mulurnya besar, kalau diregang sampai 8%, benang akan kembali pada panjang semula, tetapi kalau terlalu regang, bentuk akan berubah.
*Kenyal,
tidak mengisap lengas atau air sehingga mudah kering., Baik digunakan untuk pakaian bepergian terutama pakaian dalam karena ringan dan cepat kering.
Pada umumnya tidak tahan panas, kalau bahan di setrika harus dicoba terlebih dahulu dengan temperatur yang rendah.

*Larut dalam phenol, tetapi kalau dipakai phenol cair akan mengerit dan dapat digunakan untuk membuat hiasan-hiasan.

*Tahan lindi/ alkali dan tidak tahan chloor.

*Tahan air garam (baik untuk tali dan jala ikan)

*Tahan ngengat/ cendawan

*Jika dibakar terlihat meleleh, tidak menyala dan membentuk tepi berwarna coklat.


                Untuk memperbaiki kualitas nylon dapat dibuat kain renda (lece), dibuat lubang-lubang dan diselesaikan tepinya dengan cat nylon dan disempurnakan melalui proses nylonizing hingga dapat lebih mengisap, lembut dan lemas.
Mengingat kekuatan nylon yang sangat tinggi maka nylon sangat baik untuk dibuat kain parasut, tali temali yang memerlukan kekuatan tinggi, benang ban terpal, jala dan untuk tekstil industri lainnya. Selain untuk keperluan industri, nylon juga dapat dipakai untuk bahan pakaian, terutama untuk pakaian wanita, kaos kaki dan tekstil rumah tangga seperti gorden jendela atau pintu. Selain itu nylon juga digunakan untuk kain kursi, permadani dan kain penyaring.

http://yaztvictory.blogspot.com/2010/06/poliamida-nylon-poliamida-nylon.html


2 komentar:

  1. Salah satu sifat nylon adalah Daya mulurnya besar, kalau diregang sampai 8%, benang akan kembali pada panjang semula, tetapi kalau terlalu regang, bentuk akan berubah.

    yang menjadi masalah yaitu: apa yang menyebabkan kain poliamida apabila direnggang sampai 8% kan kembali seperti semula, akan tetapi kalau terlalu renggang akan berubah ?

    terima kasih

    BalasHapus
  2. law menurutku karena renggangan yg dilakukan msh kecil (8 % td) jadi mudah untuk nylon yg kenyal,kuat dan lembut itu kembali ke bentuk semula,,

    BalasHapus